Saturday, November 12, 2016

Resep dan Cara Membuat Karedok, Sajian Lezat Siap Menemani Hari Libur Anda

Resep dan Cara Membuat Karedok, Sajian Lezat Siap Menemani Hari Libur Anda. Semua orang suka dengan makananan yang enak dan lezat, apalagi makanan itu buatan sendiri pasti tambah terasa maknyus. Akhir pekan jadi momen yang dinanti banyak orang, pasalnya waktu santai ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang bisa dimanfaatkan di akhir pekan adalah dengan menyantap makanan jadul yang tidak bisa ditemui setiap hari, salah satunya karedok.

Salad asli Indonesia ini bisa dengan mudah dibuat di rumah. Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara karya Semijati Purwadaria, berikut resep lengkap Karedok yang mudah dibuat dan bisa membuat Anda merasa kembali ke masa lampau.

Bahan-bahan

100 gr kacang panjang, potong 1 cm

100 gr tauge mentah, cuci bersih

1 buah mentimun, potong-potong

2 buah terong hijau, potong-potong

100 gr kol, iris tipis

6 tangkai daun kemangi, petiki daunnya

100 gr kerupuk kanji oranye, untuk pelengkap

Bumbu ulek

4 siung bawang putih

8 cm kencur

4 buah cabai rawit merah

120 gr kacang tanah kulit, goreng

2 sdt garam

8 sdt gula merah, sisir

2 sdm air asam jawa

250 ml air hangat

Cara membuat

1. Bumbu : ulek bawang putih, kencur, cabai, kacang tanah, garam dan gula merah. Tambahkan air asam jawa, uleg hingga halus. Tuangi air hangat. Aduk hingga rata;

2. Masukkan kacang panjang, tauge, mentimun, terong hijau dan kol. Aduk hingga rata. Tambahkan daun kemangi, aduk kembali. Sajikan segera.

Sumber: Okezone.com

Demikainlah resep dan cara membuat Karedok, semoga bermanfaat dan selamat menikmati hari libur anda dengan membuat makanan lezat ala buatan rumah sendiri. Hehehe